Sabtu, 19 Oktober 2013

KB dan KESPRO

Nama : Ajirnii Qalibun
Kelas : Non Reguler II

1.      Buat contoh dari ketidak adilan gender!
Bentuk-bentuknya adalah sebagai berikut :
1.Marginalisasi (peminggiran) : Peminggiran terjadi dengan adanya asumsi perempuan lebih tidak mampu melakukan pekerjaan formal dibanding laki-laki. Di Jawa misalnya, program ini dengan memperkenalkan jenis padi unggul yang tumbuh lebih rendah, dan pendekatan panen dengan sistem tebang menggunakan sabit, tidak memungkinkan lagi penggunaan ani-ani, alat yang digunakan kaum perempuan. Akibatnya banyak perempuan miskin di desa menjadi termarginalisasi yakni tersingkir dari sawah. Ini berarti bahwa program revolusi hijau tersebut dirancang tanpa mempertimbangkan aspek gender.
2.Subordinasi (penomorduaan): Perempuan dianggap lemah, tidak mampu memimpin, cengeng dan lain sebagainya, mengakibatkan perempuan ditempatkan menjadi nomor dua setelah laki-laki. Misalnya pada sebuah perusahaan banyak dari perusahaan tersebut lebih memilih lelaki sebagai pemimpin disbanding perempuan dan perempuan hanya di bagian pekerja paling bawah. Karena perempuan dianggap tidak dapat mengambil keputusan secara tepat.
3.Stereotip (citra buruk) : Pandangan buruk terhadap perempuan. Misalnya perempuan yang pulang larut malam adalah pelacur, jalang dan berbagai sebutan buruk lainnya. Anehnya perlakuan ini juga dilakukan oleh sebagian besar kaum perempuan terhadap kaumnya sendiri.
4.Violence (kekerasan), yaitu serangan fisik dan psikis. Perempuan adalah pihak paling rentan mengalami kekerasan. Perkosaan, pelecehan seksual atau perampokan contoh kekerasan paling banyak dialami perempuan.
5.Beban ganda (double burden) artinya beban pekerjaan yang diterima salah satu jenis kelamin lebih banyak dibandingkan jenis kelamin lainnya.Peran reproduksi perempuan seringkali dianggap peran yang statis dan permanen. Walaupun sudah ada peningkatan jumlah perempuan yang bekerja diwilayah public, namun tidak diiringi dengan berkurangnya beban mereka di wilayah domestic. Upaya maksimal yang dilakukan mereka adalah mensubstitusikan pekerjaan tersebut kepada perempuan lain, seperti pembantu rumah tangga atau anggota keluarga perempuan lainnya. Namun demikian, tanggung jawabnya masih tetap berada di pundak perempuan. Akibatnya mereka mengalami beban yang berlipat ganda. Misalnya, seorang perempuan selain melayani suami, hamil, melahirkan, menyusui, juga harus menjaga rumah, dan mengurus anak-anak. Disamping itu, kadang ia juga ikut mencari nafkah.
2.      Buatkan 5 perbedaan antara seks dan gender!
menurut WHO (2010) perbedaan gender dan sex adalah sebagai berikut:
“Sex” refers to the biological and physiological characteristics that define men and women. “Gender” refers to the socially constructed roles, behaviours, activities, and attributes that a given society considers appropriate for men and women.

Dari definisi yang dimaksud oleh WHO diatas, terlihat bahwa jenis kelamin (sex) adalah perbedaan biologis dan fisiologis yang dapat membedakan laki-laki dan perempuan. Sedangkan gender lebih menitikberatkan pada konstruksi sosial yang ditanamkan oleh masyarakat seperti peran, perilaku, kegiatan, dan atribut yang suatu masyarakat tertentu dianggap tepat untuk pria dan wanita. WHO juga menjelaskan bahwa “pria” dan “perempuan” adalah kategori jenis kelamin, sementara “maskulin” dan “feminin” adalah kategori-kategori gender.
Sex mengacu pada perbedaan-perbedaan biologis seperti; kromosom, bentuk hormon, organ sex internal dan eksternal. Sedangkan Gender menjelaskan karateristik mengenai maskulinitas dan femininitas yang digambarkan oleh masyarakat atau budaya.

Dalam sosiologi terma ‘peran gender’ merujuk pada karakteristik dan perilaku yang diberikan oleh beragam budaya terhadap jenis kelamin. Apa yang disebut dengan ‘laki-laki sejati’ dalam tiap budaya mencakup jenis kelamin laki-laki serta beberapa gambaran dari budaya mengenai karakteristik maskulin dan perilaku, sama halnya dengan ‘perempuan sejati’ yang terdiri dari jenis kelamin perempuan dan karakteristik feminin


0 komentar:

Posting Komentar

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info